Selasa, 18 Agustus 2009

Proposal USULAN REKOMENDASI KAMPANYE PERIKLANAN PRODUK SABUN DIAL

USULAN REKOMENDASI KAMPANYE PERIKLANAN

PRODUK SABUN DIAL


GOresan





BAB I

PREFACE

Profil Perusahaan

Sejak perusahaan didirikan pada tahun 1886, Johnson & Johson menyediakan pelayanan produk inovatif kesehatan yang meningkatkan atau menyelamatkan hidup.

Johnson & Johson menawarkan peluang pekerjaan yang menantang untuk orang yang mencari pertumbuhan karir dalasm suatu lingkungan yang mengenali individu untuk kontribusi mereka. Kita selalu mencari bakat untuk pemimpin punak dalam ilmu pengetahuan dan riset, pemikir strategi, pemain regu, pembaharu. Dengan 170 perusahaan operasi, kita mempunyai internasional, perguruan tinggi profesional dan penjual kesempatan kerja untuk orang yang tertarik menjadi bagian dari perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di dunia.

Kita mempunyai program pelatihan dan pengembangan dan pekerjaan dan usaha keluarga. Yang mempertunjukkan komitmen kami untuk membantu karyawan memenuhi professional merekan dan tujuan perkembngan pribadi. Perspektif dari kata karyawan pada kesempatan yang tersedia dalam Jhonson & Jhonson, kita menawarkan pilihan karir, lingkungan kerja dinamis, dan kesempatan untuk menjadi bagian dari tim professional yang berhubungan erat yang dipersembahkan untuk membantu orang hidup lebih sehat.


BAB II

CLIENT’S BRIEF IN SUMMARY

Dalam bagian ini, berisi mengenai informasi-informasi dan juga tujuan dari pemasaran produk Sabun DIAL. Dalam bulan Juli 2006 mendatang PT Johnson & Jonson akan mengeluarkan produk baru berupa sabun batangan dengan merk DIAL yang dipasarkan di kota-kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar. Produk ini, bahan-bahannya didatangkan dari Local dalam bentuk bahan dasar dan di produksi di PT Johnson & Johnson Indonesia Jakarta termasuk dalam pembuatan packagingnya, sehingga di pasaran harga Sabun ini lebih murah dibanding bila semua bahannya di import dari luar. Otomatis produk ini memenuhi standard internasional tetapi harga tetap lokal yang dapat dijangkau oleh konsumen di Indonesia dengan harga Rp. 7.500,-/ pcs. Adapun Target Audience dari produk ini adalah wanita muda dengan status ekonomi sosial kelas atas yang berusia 25 – 40 tahun ditambah dengan wanita yang berpendidikan, karyawati dan Ibu rumah tangga yang mempunyai kepribadian aktif, dinamis, modern, memperhatikan kecantikan kulit dan tampil percaya diri, selain itu pekerjaannya adalah wanita karir yang mempunyai pengeluaran bulanan minimal Rp. 2.000.000,-, dari segi geografisnya ditujukan untuk kota-kota besar dan metropolitan.

BAB III

BACKGROUND

Dari latar belakang berikut ini, klien ingin mengadakan kampanye komunikasi dari produk Sabun DIAL sebagai sabun mewah dengan aroma wewangian aroma theraphy yang sangat khas, yang tersedia dalam 2 pilihan aroma rempah-rempah (warna kuning muda) dan aroma bunga rose (warna pink muda).

Banyaknya permintaan konsumen akan sabun yang ber-aroma theraphy.

Melihat peluang pasar untuk Sabun batangan masih sangat bagus walaupun produk sabun batangan yang beredar di pasaran sangat banyak dimana masing-masing punya segmen sendiri.

Sabun batangan adalah salah satu perlengkapan kosmetik wanita (make up) / kecantikan dimana umumnya paritas.

Market penetration sabun batangan di Indonesia menurut riset dari MRI hampir 70% wanita dewasa menggunakan sabun.

Adapun competitor dari sabun DIAL yang telah beredar terlebih dahulu yaitu Sabun kecantikan antara lain Lux, Palmolive, Fa, Camay, Imperial Leather, Dove, Olium, Perla, Giv, Anita, Priti, Ayu, Shinzui dll

Sabun DIAL memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak semuanya dimiliki oleh produk lain seperti : mengandung sari madu, mengandung Herba matsu oil yang membuat kulit tampak lebih cerah, mengandung vitamin E, terdapat butiran-butiran perals (mutiara) berfungsi ganda sebagai scrub badan dan sabun awet tidak mudah hancur dan kaya akan busa.

BAB IV

OVER ALL COMMUNICATION OBJECTIVE

Dalam Communication objective, berisi tujuan dari kampanye komunikasi yang dilakukan Agency berdasarkan Client Brief. Dalam hal ini, Sabun DIAL ingin menciptakan kesadaran akan merek (create brand awarness) sekaligus meningkatkan brand image-nya, karena PT. Johnson & Johson sebenarnya sudah mengeluarkan banyak produk kecantikan dan sabun untuk bayi, ingin menambah produk Sabun DIAL yang baru akan dipasarkan yang rencananya akan dipasarkan diarea Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar. Bali dianggap pasar yang juga cukup potensial karena hasil riset mengatakan banyak target audience yang menyukai wewangian aroma theraphy. Dari kampanye komunikasi ini nantinya diharapkan bisa mengenai sasaran pada new user categories yang nantinya bisa berubah karena memilih untuk menjadi pengguna produk ini setelah dengan adanya kampanye komunikasi ini.

BAB V

COMMMUNICATION STRATEGY

Untuk strategi komunikasi dalam produk ini, kiat-kiat yang dilakukan agency kami adalah dengan mengandalkan fitur-fitur (kelebihan produk) yang ada dan manfaat dari produk (benefit product) dari Sabun DIAL seperti;

  • Mengandung sari madu dan mengandung Herba matsu oil yang membuat kulit tampak lebih cerah

§ Mengandung vitamin E

  • Terdapat butiran-butiran perals (mutiara) berfungsi ganda sebagai scrub badan.
  • Tahan lama sehingga menjadikan produk sabun ini menjadi awet

§ Sabun yang kaya akan busa.

  • Aroma yang unik seperti aroma terapi yang bisa membuat suatu cita rasa tersendiri.

BAB VI

LAUNCH STRATEGY

Dalam kampanye komunikasi, kami memilih strategi Above the line dan Below the line yang terdiri dari :

ABOVE THE LINE

Kita menggunakan :

§ Media elektronik/ TV

à INDOSIAR à TRANS TV à ANTV

à RCTI à TV7 à LATIVI

à SCTV à TPI à GLOBALTV

§ Media cetak (majalah dan tabloid)

à MAJALAH FEMINA

à MAJALAH COSMOPOLITAN

à TABLOID NOVA

à TABLOID CITRA

BELOW THE LINE

§ Media Outdoor;

Ø Poster

Ø Billboard

§ Media Support;

Ø Poster

Ø Merchandise

BAB VII

RECOMMENDATION

Bagian ini berisi usulan-usulan kreatif, yang kemudian akan diteruskan kepada client dimana nantinya bisa diharapkan usul/ rekomendasi tersebut dapat membuat kampanye komunikasi yang dilakukan menjadi lebih efektif dan tepat sasaran tentunya. Adapun usul tersebut berasal dari :

A. Departemen Creatif, yang berupa Creative Recommendation (CWP)

B. Departemen Media, yang berupa Media Recommendation (MWP)

BAB VIII

OVERALL BUDGET

Bagian ini berisi rincian budget secara detail yang dianggarkan untuk membiayai seluruh kegiatan kampanye komunikasi produk Sabun DIAL.

Biaya Media

Jumlah

Telivisi

9.778.000.000

Cetak

950.400.000

Outdoor

520.000.000

Support

360.000.000

Biaya Rekomendasi Creative

270.000.000

Biaya Pakai

11.878.400.000

Budget

12.000.000.000

Sisa Budget

121.600.000



Tidak ada komentar: